Kamis, 19 September 2013

Jajanan SD


Jarang-jarang nulis, tiba-tiba pengen nulis tentang makanan. Hehe.. Jadinya gw ngajakin anak 90-an bernostalgia sedikit sama aneka jajanan jaman imut-imut dulu yang udah susah banget ditemuin sekarang.

1. Es Potong

blognyaridia.blogspot.com

Berbeda dengan es dung dung atau es podeng yang mungkin masih sering wara-wiri di jalan depan rumah, es potong kayaknya udah lumayan langka peredarannya. Ngeliat gambarnya aja pasti langsung inget jamannya waktu masih elap elap ingus, celana kedodoran, trus beli es potong. Es potong ini ada macam-macam jenisnya. yang polos kaya' di gambar ato yang ada ketan2 nya gitu. Beda-beda penjual, terkadang setelah dipotong, es ini lalu dicelupin ke coklat cair gitu biar makin maknyessssss... Harganya lupa berapaan, tapi kalo ga salah beberapa kali naik sampai 500an perak.

2. Ichiban


primadwipus.blogspot.com


Hayooo.. Masih ada yang inget ga sama Cokelat Ichiban ini? Dulu waktu SD pada rebutan beli ginian karena cepet habisnya.. Satunya berapa lupa.. Dalemnya itu coklat seperti kotak, di beberapa varian kalo coklatnya digigit ada selainya yang keluar. Saking trend nya permen coklat ichiban ini, sampai beredar kabar kalo coklat ini ada narkoba nya.. hihi.. 

3. Mie Gemez
kaskus.co.id

Dari namanya udah langsung ketauan donk ini mie yang suka diremukkin sebelum dimakan. Mie nya dimakan mentah-mentah dengan bumbu yang disediakan. Harganya dulu berkisar 500an perak. Dan yang paling bikin anak-anak suka pasti hadiah yang bisa ditemukan di dalam kemasannya.

4. Permen Karet Yosan

kaskus.co.id
Inget donk ya permen karet yang ini. Pipih, macem rasanya. Dulu kalo ga salah ada yang merk-nya Lotte juga yang mirip begini kemasannya. Selain yang pipih, ada juga yang bentuknya persegi panjang seperti gambar di bawah ini.
permen_yosan_-_sobatngemil.wordpress

Kalo permen karet yosan yang ini ada hurufnya di bungkusannya bisa dikumpulin sampe terbentuk kata YOSAN. Ada hadiah temporary tatoo nya juga. Sebiji 50 apa 100an ya? Lupa..

5. Permen susu
 
kaskus.co.id

Bahkan namanya pun udah lupa. Yang jelas permen ini rasanya seperti susu trus dibungkusin plastik transparan yang (katanya) bisa dimakan.. hiiiiy.. Ga pernah nyoba makannya juga sih. Permennya kenyal-kenyal dan susah banget ngabisinnya. Tapi permen ini ga boleh dimakan lagi karena desas desusnya mengandung bahan kimia yang ga baik.


6. Gulali

Eh, ini namanya gulali bukan ya? Bentuknya kaya' ijuk begitu, kebanyakan warnanya pink atau orange, tapi manisssssss... kaya' akuuuu.. (bukan ijuknya.. tapi manisnya.. hihi). Biasanya yang jual menyuguhkan makanan ini pake potongan kertas koran. Ya kan? Ya kan? Inget dooooonk ya..

primadwipus.blogspot.com



7. Permen

Nah, Permen berikut bukan ga ada namanya, tapi gw lupa. Secara udah lewat sepersepuluh abad yang lalu belinya. Buat menyegarkan ingatan, Permen ini dipanasin di wadahnya, jadi masih lengket-lengket gitu sebelum akhirnya diambil sejumput sama penjualnya pake lidi. Abis itu, permen yang masi lengket itu ditaruh di cetakan yang terbagi dua, lalu ditempelin cetakan yang sebelahnya lagi. Digencet-gencet sebentar, lalu, voila... jadilah permennya.. udah keras tentunya.. 


primadwipus.blogspot.com



8. Mie Krip Krip

Buat yang udah lupa, mie ini bentuknya kecil-kecil. Warnanya agak oranye, mungkin karena bumbunya. Makannya bisa mie aja, bisa ditebarkan di atas nasi. Rasanya pedes-pedes wajar deh buat anak-anak. Gimana? Pernah makan, khan?


twicsy.com


9. Mie Anak Mas

Ga jauh beda ama mie gemezz, mie ginian juga dimakan mentah pake bumbu yang udah disediakan.


vemale.com


10. Coklat Payung

Hayooooooooo... Pada tau coklat ginian kaaan?  Coklat yang bentuknya kaya’ payung, yang pastinya tongkatnya ga bisa dimakan. Yaeyalaaaa... Tapi coklatnya enak kan ya? 


vemale.com


11. Wafer Superman

Sebenernya sih ga ada yang spesial dari wafernya, sama aja kaya wafer coklat lapis coklat kaya’ yang banyak di pasaran. Tapi gambarnya itu loh yang gampang banget diingatnya. Makanya laris kali ya.. :) 


vemale.com


12. Permen Rokok.

Huahahahaha kalo inget permen ginian langsung ketawa aja inget masa kecil. Beli permen rokok, langsung begaya ala ala orang lagi ngerokok. Namanya juga anak kecil, pengennya cepet jadi orang gede. Giliran udah gede, malah digedein lagi.. sampai2 mampir ke mak erot segala.. eh.. Salah fokus.. wkwkwk

vemale.com

13. Permen Jeruk dan Strawberry

Bulet, Manis.. Makasih.. makasih.. eaaaaaaaak.. Maksudnya permennya. Rasa Jeruk, Strawberry.. Kalo ga salah, satu bungkusnya isinya enam. Dan permennya bikin ketagihan.
 


Google.com


Sebenernya, masi banyak banget jajanan khas masa kecil kita-kita anak 90-an. Tapi nyari gambarnya juga udah susah banget.

Yap, sekian dulu nostalgianya. Keep smileee!!! ^^v

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wahhh jaman gw sd dulu banget ini

Posting Komentar